Langsung ke konten utama

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEJARAH PERKEMBANGAN SURAT ELEKTRONIK

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya. Ada pun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Teknologi Informasi Dan Komunikasi  dengan judul Sejarah Perkembangan Surat Elektronik.
Dalam penyelesaian makalah ini, saya harap mampu memenuhi tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang Sejarah Perkembangan Surat Elektronik. Dalam  penyelesaian makalah  ini, saya banyak mengalami kesulitan terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang  menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

                                                                                    Surabaya, 19 Agustus 2016

                                                                                                                                                           
                     







1
                                                                                                                       
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................ 1
DAFTAR ISI...................................................................................................................... 2
BAB I
PENDAHULUAN.............................................................................................................. 3
I.I. Latar belakang
I.II. Tujuan makalah
BAB II
PEMBAHASAN................................................................................................................. 4
II.I. Sejarah  Perkembangan Surat Elektronik
II.II. Kelebihan dan Kekurangan Surat Elektronik (EMAIL)
II.III. Macam-macam EMAIL
BAB III
PENUTUP...........................................................................................................................11                              III.I. Kesimpulan
III.II.  Saran
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................   12



                                                                                   

BAB I

                                                                                                                                                                                                                                                           
Pendahuluan
I.I. Latar belakang
Perkembangan Surat elektronik (akronim: ratelratronsurel, atau surat-e) atau imel (bahasa inggrisemail) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

I.II. Tujuan makalah
1. Memenuhi tugas Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
2. Menambah wawasan tentang Surat Elektronik (EMAIL).
3. Dapat memaksimalkan penggunaan email secara baik dan benar.








BAB II
                                                                                     
Pembahasan

II.I. Sejarah perkembangan surat elektronik
Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagaijaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Email Pertama Di Dunia

Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman"BBN" milik lembaga pertahanan Amerika.  Pada awalnya  Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer "saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian".
Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.
.
Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Isi Pesan berupa "kata kata tes" sepenuhnya dilupakan, Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa," kata Ray dalam akun Flickr miliknya. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ (Indonesia dibaca ET) sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ "bahasa inggris ditulis AT" artinya adalah Kepada.
Tahun 1976 adalah tahun sejarah email komersil, ditawarkan dalam paket komersial dan dikenakan biaya per-menit diberlakukan  bagi pengguna layanan ini. Hal ini menyebabkan kebutuhan untuk membaca email secara offline, hal ini berarti bahwa pengguna bisa men-download email pada komputer pribadinya dan bisa membacanya kapanpun diinginkan tanpa beban biaya online. Hal tersebut memberi inspirasi agar dibuat semacam program aplikasi email client semacam Outlook.  Hal ini menyebabkan pengembangan aplikasi, yang microsoft Outlook saat ini.


M
enurut sejarah email bahwa Pada tahun 1974, email yang sudah melalui perbaikan  kecepatan yang digunakan oleh militer AS dan menjadi penyelamat  ARPAnet, dari popularitas yang terus-menerus menurun. Pada 1975, upaya untuk mengatur email membuahkan hasil. Pengoperasian email umum yang dikenal sebagai email account, untuk pengguna yang ingin memanfaatkan layanan email, diciptakan. Pengontrolan akses dilakukan dengan memberikan nama pengguna dan sandi rahasia  yang diketahui oleh penggunanya sendiri. Folder terpisahpun dibuat sesuai dengan tujuan. Folder Kotak masuk untuk pesan masuk,  Folder kotak keluar untuk pesan keluar, dll

Pada tahun 1972 kebutuhan  sebuah protokol dibutuhkan, aplikasi  file transfer protocol (FTP) digunakan untuk mengirim pesan email. Kelemahan utama FTP adalah membuat email yang terpisah untuk setiap penerima, menyebabkan pemakaian ruang memori yang besar.  Hal ini mendorong diciptakan  SMTP yang lebih efisien (Simple Mail Transfer Protocol) di awal 1980-an, yang menjadi suatu protokol standar yang digunakan dalam pengiriman pesan email. Tapi versi awal SMTP gagal mengontrol kasus pemalsuan dan terbukti menjadi sebuah protokol yang naif melakukan verifikasi keaslian pengguna. Email virus, worm dan spammer mulai mengeksploitasi celah SMTP ini.

Sejarah email di awal tahun 1990-an, penyedia layanan email gratis dan user-friendly telah membanjiri jaringan komputer. Pemain seperti yahoo dan hotmail
 bersaing untuk mencari pangsa pasar. Dekade ini tidak hanya kita lihat ledakan .com, tapi hampir semua orang ingin memiliki akun email. Saat ini, lebih dari 600 juta pengguna email di seluruh dunia.  Dengan hadirnya pemain baru seperti Google (gmail) dan rediff memasuki persaingan pasar email,  menjadikan pengguna menjadi manja memilih-milih.


Jika SMTP yang digunakan untuk mengirim pesan, POP (post office protocol) adalah standar untuk menerima email. Protokol ini digunakan oleh klien email untuk mengambil pesan dari server e-mail dengan menggunakan koneksi. Saat ini versi ketiga, yaitu POP3 digunakan. Salah satu kekurangan POP adalah bahwa tidak mendukung pengambilan pesan secara offline. Kekurangan ini sekarang telah ditutupi dengan aplikasi  IMAP (Internet message access protocol).
Dari awal Sejarah Email hingga saat ini, email terus menerus dikaji untuk menjawab kebutuhan komunikasi data yang kian kompleks. Email dimanfaatkan sebagai suatu kebutuhan bagi pengguna pribadi maupun untuk kepentingan bisnis. Teknologi email semakin berkembang dengan bermunculannya server penyedia email dan software-software email klien.

II.II. Kelebihan dan Kekurangan Surat Elektronik (EMAIL)
Kelebihan :
1.      Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa menit ( ketik dan send)
2.      Dapat mengirim file ( attactment seperti file, doc, excel, mp3, gambar, video, dan lain-lain )
3.      Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan lokasi dan waktu )
4.      Mudah ( karena cukup mengetik di komputer atau handphone )
5.      Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus )
6.      Biaya lebih murah kerna internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia


 
Kelemahan :

1.      Salah kirim bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalah gunakan.
Rawan penyadapan ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga di butuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2.      Pemalsuan identitas kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3.      Kebanjiran e-mail hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4.      Sampah e-mail banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5.      Respon terlambat tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

II.III. Macam - macam E – mail

Ø  WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.


 
Kelebihan :

1.    Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
2.    Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.

Kekurangan :

1.    Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
2.    E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
3.    Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
4.    Kapasitas. Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.

Ø  IMAP
IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143. IMAP menggunakan koneksi yang terus-menerus ke server. Begitu ada email masuk, kamu akan segera melihatnya di email client. Berbeda dengan POP3 yang memeriksa email dalam interval waktu yang ditentukan. Email yang masuk sangat cepat masuk ke client kamu, seringkali lebih cepat daripada di web interface sendiri. Hampir seperti Blackberry! Namun kamu harus punya koneksi internet yang cukup baik untuk menggunakan IMAP.

 
Apa yang kamu lihat di inbox email kamu, itu pula yang kamu lihat di email client. Bahkan jika kamu menggunakan 10 email client, di web interface, desktop, notebook, ponsel, dsb, semua akan memperlihatkan email yang sama. Jika kamu menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan pilihan yang lebih baik dari POP3.

Kelebihan :

1.    Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
2.    E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.

Kekurangan :

1.    Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.

Ø  POP3

POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang diggunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password. POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :

1.    Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
2.    Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
3.    Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna

Kekurangan :

1.    Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
2.    Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client (tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat).
3.    E-mail berbasis POP3 lambat.
4.    Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.






BAB III
Penutup
Kesimpulan
E-mail adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
Saran
Sebagai anggota masyarakat dan pengguna situs-situs email pada gamil atau lainya., sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia maya.
Karena dengan penggunaan email dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyamann, tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.







11
 

Daftar Pustaka
http://0822067.blogspot.co.id/2010/06/pengertian-email-kelebihan-dan.html
http://mariamangelz.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-email-dan-macam-macamnya.html
http://jaringankomputer.org/sejarah-email-perkmbangan-email/
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

waktu luang bingung mau ngapain ?

     Assalamualaikum! Halo readers, apa kabar ? aku harap semoga kalian baik-baik saja. kali ini aku akan berbagi cerita mengenai hal apa saja yang aku lakukan ketika waktu luang, mungkin kalian juga bisa terinspirasi dari ceritaku ini. walaupun sudah new normal tetapi di kampusku masih melakukan kegiatan perkuliahaan secara daring atau online.    Dikarenakan perkuliahaan dilakukan secara daring jadi setelah kuliah usai atau ketika hari libur sering sekali aku merasa bosan dan akhirnya bingung mau melakukan apa kebanyakan orang mungkin akan rebahan atau tidur-tiduran terkadang juga aku seperti itu tetapi hal yang paling sering aku lakukan ketika bosan dirumah adalah membaca buku dan mengulangi materi yang sudah diajarkan oleh dosen.    Selain membaca buku aku juga menyukai bermain game, biasanya aku bermain game ketika hari sabtu di siang hari. Sebelum pandemi ini di hari sabtu sore biasanya aku menonton film di bioskop akan tetapi karena pandemi ini aku hanya menghabiskan si

Illustrator problem with Client

infografis ini saya buat bertujuan untuk mengedukasi klien dalam proses pembuatan ilustrasi 

Negeri Matahari Terbit

       Assalamualaikum! Halo readers, apa kabar ? aku harap semoga kalian baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi cerita mengenai impian ku di masa depan ya itu pergi ke negara matahari terbit apalagi kalau bukan jepang, aku secara pribadi menyukai negara ini karena budayanya yang masih kental meskipun di negara ini teknologinya sudah sangat maju.   Selain memiliki teknologi yang maju dan budayanya yang masih terjaga aku juga menyukai etos kerja dari orang-orang di negara Jepang ini dan negara ini juga memiliki 4 musim yang berbeda setiap tahunnya mulai dari musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.   Ada beberapa hal yang ingin aku lakukan ketika berada di jepang pertama aku akan pergi menikmati jalan-jalan di daerah shibuya sambil mencicipi makanan-makanan khas jepang, Kedua aku ingin mengunjungi museum one piece yang berada di tokyo tower tempat ini sangat populer bagi para penyuka one piece apalagi di museum ini terdapat ber