KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan
karunia-Nyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tepat pada
waktunya. Ada pun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas
Teknologi Informasi Dan Komunikasi
dengan judul Sejarah Perkembangan Surat Elektronik.
Dalam penyelesaian
makalah ini, saya harap mampu memenuhi tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi
tentang Sejarah Perkembangan Surat Elektronik. Dalam penyelesaian makalah ini, saya banyak mengalami kesulitan terutama
disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang
menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak,
akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
Surabaya,
19 Agustus 2016
1
|
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................................
1
DAFTAR
ISI......................................................................................................................
2
BAB
I
PENDAHULUAN..............................................................................................................
3
I.I.
Latar belakang
I.II.
Tujuan makalah
BAB II
PEMBAHASAN.................................................................................................................
4
II.I.
Sejarah Perkembangan Surat Elektronik
II.II.
Kelebihan dan Kekurangan Surat Elektronik (EMAIL)
II.III.
Macam-macam EMAIL
BAB III
PENUTUP...........................................................................................................................11 III.I.
Kesimpulan
III.II. Saran
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................................... 12
BAB I
Pendahuluan
I.I.
Latar belakang
Perkembangan Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel,
atau surat-e) atau imel (bahasa inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Dengan surat biasa
umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat
elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan
Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya
ditagih per pengiriman.
I.II.
Tujuan makalah
1. Memenuhi tugas
Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
2. Menambah wawasan
tentang Surat Elektronik (EMAIL).
3. Dapat memaksimalkan
penggunaan email secara baik dan benar.
BAB II
Pembahasan
II.I.
Sejarah perkembangan surat elektronik
Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada
hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk
sebagaijaringan. Mulai tahun 1980-an,
surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak
perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat
sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Email Pertama Di Dunia
Konsep email pertama
kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson
pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada
saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman"BBN"
milik lembaga pertahanan Amerika. Pada
awalnya Ray bereksperimen dengan program
komputer yang bernama SNDMSG yang
pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang
yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai
komputer "saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang
sama secara bergantian".
Eksperimen Ray
kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG
melalui file protocol yang bernama CYPNET
sehingga program SNDMSG dapat
mengirimkan pesan ke komputer lain namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil
dan Itulah awal terciptanya email.
Tahun 1976 adalah tahun sejarah email
komersil, ditawarkan dalam paket komersial dan dikenakan biaya per-menit
diberlakukan bagi pengguna layanan ini. Hal ini menyebabkan kebutuhan
untuk membaca email secara offline, hal ini berarti bahwa pengguna bisa
men-download email pada komputer pribadinya dan bisa membacanya kapanpun
diinginkan tanpa beban biaya online. Hal tersebut memberi inspirasi agar dibuat
semacam program aplikasi email client semacam Outlook. Hal ini
menyebabkan pengembangan aplikasi, yang microsoft Outlook saat ini.
Menurut sejarah email bahwa Pada tahun 1974, email yang sudah melalui perbaikan kecepatan yang digunakan oleh militer AS dan menjadi penyelamat ARPAnet, dari popularitas yang terus-menerus menurun. Pada 1975, upaya untuk mengatur email membuahkan hasil. Pengoperasian email umum yang dikenal sebagai email account, untuk pengguna yang ingin memanfaatkan layanan email, diciptakan. Pengontrolan akses dilakukan dengan memberikan nama pengguna dan sandi rahasia yang diketahui oleh penggunanya sendiri. Folder terpisahpun dibuat sesuai dengan tujuan. Folder Kotak masuk untuk pesan masuk, Folder kotak keluar untuk pesan keluar, dll
Pada tahun 1972 kebutuhan sebuah protokol dibutuhkan, aplikasi file transfer protocol (FTP) digunakan untuk mengirim pesan email. Kelemahan utama FTP adalah membuat email yang terpisah untuk setiap penerima, menyebabkan pemakaian ruang memori yang besar. Hal ini mendorong diciptakan SMTP yang lebih efisien (Simple Mail Transfer Protocol) di awal 1980-an, yang menjadi suatu protokol standar yang digunakan dalam pengiriman pesan email. Tapi versi awal SMTP gagal mengontrol kasus pemalsuan dan terbukti menjadi sebuah protokol yang naif melakukan verifikasi keaslian pengguna. Email virus, worm dan spammer mulai mengeksploitasi celah SMTP ini.
Sejarah email di awal tahun 1990-an, penyedia layanan email gratis dan user-friendly telah membanjiri jaringan komputer. Pemain seperti yahoo dan hotmail bersaing untuk mencari pangsa pasar. Dekade ini tidak hanya kita lihat ledakan .com, tapi hampir semua orang ingin memiliki akun email. Saat ini, lebih dari 600 juta pengguna email di seluruh dunia. Dengan hadirnya pemain baru seperti Google (gmail) dan rediff memasuki persaingan pasar email, menjadikan pengguna menjadi manja memilih-milih.
Jika SMTP yang digunakan untuk mengirim pesan, POP (post office protocol) adalah standar untuk menerima email. Protokol ini digunakan oleh klien email untuk mengambil pesan dari server e-mail dengan menggunakan koneksi. Saat ini versi ketiga, yaitu POP3 digunakan. Salah satu kekurangan POP adalah bahwa tidak mendukung pengambilan pesan secara offline. Kekurangan ini sekarang telah ditutupi dengan aplikasi IMAP (Internet message access protocol).
Dari awal Sejarah
Email hingga saat ini, email terus menerus dikaji untuk menjawab kebutuhan
komunikasi data yang kian kompleks. Email dimanfaatkan sebagai suatu kebutuhan
bagi pengguna pribadi maupun untuk kepentingan bisnis. Teknologi email semakin
berkembang dengan bermunculannya server penyedia email dan software-software
email klien.
II.II. Kelebihan dan Kekurangan Surat Elektronik
(EMAIL)
Kelebihan :
1. Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa
menit ( ketik dan send)
2. Dapat mengirim file ( attactment seperti file, doc,
excel, mp3, gambar, video, dan lain-lain )
3. Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan
lokasi dan waktu )
4. Mudah ( karena cukup mengetik di komputer atau
handphone )
5. Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang
sekaligus )
6. Biaya lebih murah kerna internet sekarang sudah
mulai agak murah di Indonesia
Kelemahan :
1.
Salah kirim bila sebuah e-mail yang
berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen
tersebut disalah gunakan.
Rawan penyadapan ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga di butuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Rawan penyadapan ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga di butuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2.
Pemalsuan identitas kita tidak bisa
memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang
dimilikinya.
3.
Kebanjiran e-mail hal ini bisa
terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4.
Sampah e-mail banyak sekali e-mail
sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5.
Respon terlambat tidak semua orang
membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
II.III. Macam - macam E – mail
Ø WEB BASED E-MAIL
Web
based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk
halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus
masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk
mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol
yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer
protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer,
Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
1. Karena
beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai
tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
2. Tidak
memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut
langsung dari situs web.
Kekurangan :
1. Pada
saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
2. E-mail
sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
3. Jika
server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat
hilang begitu saja.
4. Kapasitas.
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan
e-mail tersebut.
Ø IMAP
IMAP
(Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang
agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan
mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port
nomor 143. IMAP menggunakan koneksi yang terus-menerus ke server. Begitu ada
email masuk, kamu akan segera melihatnya di email client. Berbeda dengan POP3
yang memeriksa email dalam interval waktu yang ditentukan. Email yang masuk
sangat cepat masuk ke client kamu, seringkali lebih cepat daripada di web
interface sendiri. Hampir seperti Blackberry! Namun kamu harus punya koneksi
internet yang cukup baik untuk menggunakan IMAP.
Apa
yang kamu lihat di inbox email kamu, itu pula yang kamu lihat di email client.
Bahkan jika kamu menggunakan 10 email client, di web interface, desktop,
notebook, ponsel, dsb, semua akan memperlihatkan email yang sama. Jika kamu
menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan pilihan yang
lebih baik dari POP3.
Kelebihan
:
1. Dengan
IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
2. E-mail
baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail
juga dapat diakses dari tempat lain.
Kekurangan :
1. Server
layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.
Ø POP3
Kelebihan :
1. Kelebihan
utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus
terkoneksi ke internet).
2. Melalui
e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat
dikurangi.
3. Lebih
mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
Kekurangan :
1. Harus
menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan
lain-lain.
2. Hanya
dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client (tidak bisa
mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat).
3. E-mail
berbasis POP3 lambat.
4. Hanya
dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
BAB III
Penutup
Kesimpulan
E-mail adalah surat
melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari
“Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik
berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat
email ke alamat lain di jaringan internet. E-mail dapat menghubungkan kita
dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya
pulsa lokal.
Saran
Sebagai anggota
masyarakat dan pengguna situs-situs email pada gamil atau lainya., sehingga kita
tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan
untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada
disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia
maya.
Karena dengan penggunaan
email dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar dan bertanggung
jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyamann,
tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.
11
|
Daftar
Pustaka
http://0822067.blogspot.co.id/2010/06/pengertian-email-kelebihan-dan.html
http://mariamangelz.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-email-dan-macam-macamnya.html
http://jaringankomputer.org/sejarah-email-perkmbangan-email/
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
Komentar
Posting Komentar