Langsung ke konten utama

Puasa dan Lebaran di Masa Pandemi COVID 19



  Assalamualaikum! Halo readers, apa kabar ? aku harap semoga kalian baik-baik saja. Sebelumnya aku ingin mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Minal 'Aidin wal Faidzin Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi semua yang menjalankan ibadah puasa, semoga kebaikan dan amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Pada kesempatan kali ini aku akan sedikit bercerita tentang rutinitas yang aku lakukan selama bulan puasa dan di hari raya Idul Fitri, terutama pada masa pandemi virus corona / COVID 19 ini. 

  Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ini kita semua sedang menghadapi pandemi COVID 19. Setiap orang diimbau untuk tetap berada di rumah, hal ini membuat banyak aktivitas yang  tidak bisa aku lakukan pada saat bulan Ramadhan seperti buka puasa bersama, ngabuburit dan berkunjung kerumah saudara yang berada di luar kota pada saat hari raya idul fitri yang telah aku lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Aktivitas yang biasanya aku lakukan kebanyakan harus dilakukan dari rumah mengingat kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang sedang berlangsung di kota surabaya.

  Rutinitas yang aku lakukan pada saat bulan suci Ramadhan tahun ini aku lakukan dengan berbagai macam kegiatan walaupun aktivitas ini telah aku lakukan pada saat sebelum adanya pandemi COVID 19 dan bulan Ramadhan, hanya saja pada Ramadhan tahun ini perkuliahan dilakukan secara daring/online biasanya kegiatan ini berlangsung mulai dari pagi hari hingga sore hari. Setelah kegiatan perkuliahan selesai biasanya aku  melanjutkan dengan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh dosen sambil menunggu berbuka puasa dan salat maghrib kemudian aku meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga sambil menunggu waktu salat isya pada tahun ini aku tidak melaksanakan salat tarawih karena adanya wabah COVID 19, kemudian aku kembali melanjutkan mengerjakan tugas lagi karena biasanya aku meluangkan banyak waktu di hari libur. Kemudian setelah selesai aku melanjutkan aktivitas dengan membuat ilustrasi, menonton tutorial branding, pembuatan logo dan ilustrasi di youtube, atau biasanya aku hanya membaca artikel mengenai desain di google.

  Pada hari libur atau akhir pekan biasanya aku meluangkan waktu dengan belajar hal-hal baru yang aku dapat, mempelajari lagi materi yang sebelumnya telah dijelaskan oleh dosen, membantu pekerjaan rumah dan meluangkan waktu bersama keluarga. Pada saat menjelang lebaran keluarga ku biasanya meluangkan waktu dengan membuat kue lebaran sehingga aku lebih sering membantu kegiatan ini terutama sehari sebelum lebaran kami membuat banyak makanan untuk persiapan menyambut hari raya idul fitri.

 Pada saat hari raya idul fitri tahun ini walaupun aku dan keluargaku tidak dapat melaksanakan salat idul fitri di masjid, pergi kerumah saudara yang berada di luar kota dan tidak banyak teman atau saudara yang berkunjung ke rumah kami, hanya saudara yang dekat dengan rumah kami saja yang mengunjungi dan harus bergantian yang datang sehingga tetap menjaga kebijakan PSBB, meskipun begitu aku cukup menikmati momen lebaran tahun ini yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

  Itu saja cerita rutinitas yang aku lakukan selama bulan puasa dan lebaran di tahun 2020 ini yang berbeda karena adanya wabah COVID 19. Selamat hari raya idul fitri dan selamat berkumpul bersama keluarga kalian, tetaplah mengikuti peraturan pemerintah dan jaga kesehatan. Sekian dan  terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

waktu luang bingung mau ngapain ?

     Assalamualaikum! Halo readers, apa kabar ? aku harap semoga kalian baik-baik saja. kali ini aku akan berbagi cerita mengenai hal apa saja yang aku lakukan ketika waktu luang, mungkin kalian juga bisa terinspirasi dari ceritaku ini. walaupun sudah new normal tetapi di kampusku masih melakukan kegiatan perkuliahaan secara daring atau online.    Dikarenakan perkuliahaan dilakukan secara daring jadi setelah kuliah usai atau ketika hari libur sering sekali aku merasa bosan dan akhirnya bingung mau melakukan apa kebanyakan orang mungkin akan rebahan atau tidur-tiduran terkadang juga aku seperti itu tetapi hal yang paling sering aku lakukan ketika bosan dirumah adalah membaca buku dan mengulangi materi yang sudah diajarkan oleh dosen.    Selain membaca buku aku juga menyukai bermain game, biasanya aku bermain game ketika hari sabtu di siang hari. Sebelum pandemi ini di hari sabtu sore biasanya aku menonton film di bioskop akan tetapi karena pandemi ini aku hanya menghabiskan si

Illustrator problem with Client

infografis ini saya buat bertujuan untuk mengedukasi klien dalam proses pembuatan ilustrasi 

Negeri Matahari Terbit

       Assalamualaikum! Halo readers, apa kabar ? aku harap semoga kalian baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi cerita mengenai impian ku di masa depan ya itu pergi ke negara matahari terbit apalagi kalau bukan jepang, aku secara pribadi menyukai negara ini karena budayanya yang masih kental meskipun di negara ini teknologinya sudah sangat maju.   Selain memiliki teknologi yang maju dan budayanya yang masih terjaga aku juga menyukai etos kerja dari orang-orang di negara Jepang ini dan negara ini juga memiliki 4 musim yang berbeda setiap tahunnya mulai dari musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.   Ada beberapa hal yang ingin aku lakukan ketika berada di jepang pertama aku akan pergi menikmati jalan-jalan di daerah shibuya sambil mencicipi makanan-makanan khas jepang, Kedua aku ingin mengunjungi museum one piece yang berada di tokyo tower tempat ini sangat populer bagi para penyuka one piece apalagi di museum ini terdapat ber